SMP Madani Islamic School (Sekolah Islam Berpengantar Bahasa Inggris)

1. BRANDING SEKOLAH

Branding Sekolah : MADANI ISLAMIC SCHOOL

Sekolah Islam Berpengantar Bahasa Inggris

2. VISI MISI SEKOLAH

a. Visi

Menjadi sekolah inklusi yang berbasis keIslaman dan IPTEK berstandart internasional

b. Misi

1)      Berpartisipasi mendidik generasi muda dengan pengetahuan Islam dan IPTEK

2)      Membangun siswa yang berprestasi

3)      Mengembangkan sekolah Islam yang berakreditasi Internasional

3. MOTO SEKOLAH

Menjadi Generasi Berprestasi

4. TUJUAN SEKOLAH

  1. Membangun siswa yang berkomitmen dan mengimplementasikan Islam di dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Siswa mampu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.
  3. Siswa mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.
  4. Siswa mampu berprestasi di dalam kehidupannya.

5. KARAKTERISTIK SEKOLAH

  1. Sekolah yang mengelola Imtaq dan Akhlak setiap elemen sekolah meliputi guru, pegawai, siswa, orang tua dan masyarakat.
  2. Kurikulum sekolah yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan mampu menghasilkan individu yang memiliki kompetensi dalam persaingan di era globalisasi.
  3. Sekolah yang mampu menemukan dan mengembangkan potensi tiap-tiap individu (baik pegawai dan siswa) sehingga mampu berprestasi dan eksis dalam masyarakat.
  4. Sekolah yang mampu mengembangkan metode active learning sebuah pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  5. Sekolah yang memiliki culture/kebiasaan yang positif dan kondusif.
  6. Sekolah yang ramah terhadap berbagai karakter, potensi, kemampuan, termasuk siswa “Special Need” dan mampu menciptakan suasana harmonis.
  7. Sekolah yang memiliki visi, misi, tujuan, target jangka panjang dan jangka pendek serta berkomitmen serius untuk mencapainya.
  8. Sekolah yang memiliki kemandirian ekonomi.
  9. Sekolah yang mampu membangun, mengembangkan dan memanfaatkan jaringan stakeholder.
  10. Sekolah yang memiliki sarana prasarana yang menunjang visi, misi, tujuan dan target.
  11. Kepemimpinan dan manajemen sekolah yang baik, inovatif, evaluatif, visioner, professional dan pembelajar.

6. IKLIM SEKOLAH

Islamic – English – Learner – Creative – Achievement – Discipline

7. GOOD MIS GOVERNANCE

  1. Visioner-optimis-inovatif-kreatif
  2. Manajemen waktu dan prioritas
  3. Komunikasi interpersonal dan empatik
  4. Poacer (Planning-Organizing-Actuating-Controlling-Evaluating-Replanning)
  5. 5 S (Senyum-Salam-Sapa-Sopan-Santun)
  6. 5R (Resik-Rapi-Ringkas-Rawat-Rajin)
  7. Komitmen, mandiri dan tanggung jawab
  8. Keteladanan, elegan dan kedewasaan
  9. Ikhlas dan diridhoi Illahi

8. METODE BELAJAR

a. Active Learning

1)      Metode belajar yang lebih menekankan keaktifan siswa dalam mendapatkan pemahaman atas suatu pelajaran.

2)      Guru bukanlah sumber segalanya dalam mendapatkan pelajaran, sehingga kelas dikondisikan agar guru bukanlah pusat perhatian siswa.

3)      Semua mata pelajaran diintegrasikan sebagai satu kesatuan pemahaman yang saling terkait dan dipelajari dalam tema-tema yang dirangkaikan.

b. Mastery Learning

Sebuah metode dalam mencapai target tertentu secara bertahap, integral, sistematis dan tuntas

c. Full Day School

1)      Metode belajar untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan dalam rentang waktu harian yang memadai serta mencegah terbuangnya waktu siswa di rumah untuk sesuatu yang bermanfaat.

2)      Memberikan kepada siswa kesempatan untuk membiasakan diri guna menjalankan dua kewajiban sholat ( Dhuhur dan Ashar).

3)      Dapat menjadi tempat yang nyaman bagi anak-anak didik sekaligus memberikan ketenangan pada orang tua yang memiliki waktu kerja seharian.

d. Inklusi

1)      Sekolah yang dapat menerima berbagai potensi anak, termasuk dalam kategori “ Special Need” dalam jumlah yang proporsional, sehingga tetap dapat mencapai tujuan keberhasilan pendidikan.

2)      Menjadi tempat bersosialisasi bagi setiap anak untuk memahami keanekaragaman model manusia beserta potensinya.

3)      Menjadi tempat pembangunan jiwa yang humanis kepada setiap anak, sehingga menciptakan generasi yang lebih peduli kepada lingkungannya.

e. Integrasi IQ, EQ, SQ

1)      Metode belajar yang memadukan antara kecerdasan intelegen (intelektual), emosi dan spiritual.

2)      Dalam setiap materi pelajaran selalu didekati dengan keterpaduan kecerdasan dalam memahami fenomena atau makna pelajaran.

3)      Menanamkan sejak kecil jiwa keberagaman yang universal dan menolak paham sekularisme yang memisahkan agama dari kehidupan.

f. Multimedia

1)      Metode belajar yang memanfaatkan multimedia untuk mempercepat tercapainya tujuan belajar.

2)      Mengenalkan sedini mungkin perkembangan teknologi informasi multimedia kepada anak didik.

3)      Menanamkan kesadaran dan pengetahuan untuk senantiasa mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dalam rangka mendukung kehidupan manusia.

g. Bilingual

1)      Metode balajar yang mengembangkan kemampuan bahasa Inggris anak didik.

2)      Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar dalam menyampaikan semua mata pelajaran

3)      Pangajaran bahasa dilakukan dalam praktek interaksi sosial sehari-hari, bukan semata-mata dalam kelas.

h. Enrichment

Differensiasi yang dilakukan SMP Madani Islamic School, selain pengembangan potensi diri, qur’an dan hadits, adalah Enrichment, Enrichment merupakan model pengayaan mata pelajaran yang dititikberatkan pada Bahasa Inggris. Bentuk pengayaan ini merupakan pembelajaran dalam kelas yang lebih menyenangkan, beberapa metode kursus bimbingan belajar diterapkan di kelas Enrichment ini. Enrichment diterapkan untuk semua mata pelajaran dengan alokasi waktu, 10 jam normal perminggu, diluar tatap muka mata pelajaran kurikulum DIKNAS.

2 thoughts on “SMP Madani Islamic School (Sekolah Islam Berpengantar Bahasa Inggris)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s